image
Cara Custom Domain Blogspot di Namecheap : Panduan Lengkap

Cara Custom Domain Blogspot di Namecheap : Panduan Lengkap

Media Edukasi -- Cara mengganti domain atau setting domain Blogspot di Namecheap sangatlah mudah sekali, tak butuh waktu lama domain baru Anda sudah bisa di integrasikan dengan Blog. Namun bagi Anda yang masih baru pertama kali menyewa domain di Namecheap tentu akan sangat asing dengan tampilan website Namecheap.

Hal tersebut sangatlah wajar, karena hampir semua Perusahaan jasa sewa domain dan hosting memiliki tampilan website berbeda-beda namun fungsinya tetap sama, hanya kita selaku customer saja yang harus menyesuaikan dengan Dashboardnya.

Nah berikut ini silahkan Anda simak dan ikuti langkah-langkah dalam mengcustom domain Blogspot dengan domain TLD (Top Level Domain) di Namecheap.

Cara Mengganti Domain Blogspot di Namecheap

1. Tahap Pertama Masuk ke Dashboard Blogger
Silahkan Anda Login ke Blogger.com. Selanjutnya setelah masuk ke Dashboard Blogger, silahkan Anda menuju menu Settings >> Basic. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat gambar berikut.

Panduan Cara Mengganti Domain Blogspot di Namecheap

Pada bagian HTTPS Redirect kami sarankan untuk mengaktifkan fungsinya, silahkan pilih Yes.

Dan pada bagian +Set up a third-party URL for your blog silahkan Anda masukan domain yang baru Anda sewa di Namecheap, contoh pengetkan (www.mediaedukasi.com). Untuk lebih jelas silahkan Anda lihat gambar berikut ini.

Cara Setting Domain Baru di Blogspot

Gambar di atas adalah cara penginputan domain yang benar. Selanjutnya silahkan Anda klik menu Save. Setelah di simpan, Anda akan mendapatkan DNS (Domain Name System) dari Blogger. DNS inilah yang nantinya akan di input di Namecheap untuk mengintegrasikan domain baru dan blog. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat gambar berikut.

3 langkah cara mengganti domain blogspot di namecheap

2. Tahap Kedua Masuk ke Dashboard Namecheap
Silahkan Anda login ke Dashboard Namecheap, kemudian pilih domain yang baru Anda sewa dan klik menu Manage.

langkah-langkah setting domain tld di namecheap

Setelahnya Anda akan di arahkan lagi ke tampilan Dashboard setting domain yang Anda pilih. Pilih menu Advanced DNS untuk memulai menginput DNSnya. Lihat gambar berikut.

Mengganti domain tld di namecheap

Secara Default DNS pada domain baru di Namecheap sudah terisi. Ada 2 DNS biasanya yang sudah terisi secara Default yaitu CNAME Record dan URL Redirect Record. Nah untuk CNAME Recordnya, silahkan Anda hapus. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat gambar berikut.

Panduan lengkap custom domain baru di namecheap

Setelah Anda hapus, langkah selanjutnya adalah tahap penginputan DNS dan CNAMEs yang di dapat dari Blogger. Input ke dua CNAME Record tersebut dan klik tanda Cheklist di ujung kanan untuk  menyimpannya. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat gambar di bawah ini.

Cara merubah domain blogspot di name cheap

Sampai disini penginputan dua CNAME Record di Namecheap sudah selesai.

Selanjutnya kita akan menginput A Record atau IP Blogger. Sebenarnya sampai pada tahap di atas, Anda sudah bisa menyimpan dan menunggu sampai domain terintegrasikan dengan blog tanpa harus menginput A Record atau IP Blogger. Namun untuk mengantisipasi terjadi Error atau hal lain yang tak di inginkan, maka tak ada salahnya sekalian saja kita input A Recordnya.

Ada 4 (empat) A Record atau 4 IP Blogger yang akan kita input disini, dan alamat IP tersebut ialah :
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Langsung saja, silahkan Anda input ke empat IP Blogger tersebut dan simpan. Untuk lebih jelas, silahkan Anda lihat gambar di bawah ini.

Cara merubah domain tld di namecheap

Sampai disini, setelah tadi Anda menginput 2 DNS dari Blogger, dan menginput 4 A Record atau IP Blogger itu artinya Anda telah selesai mengcustom domain baru Anda di Namecheap. Maka hasil akhir dari semua Recordnya seperti gambar berikut.

Mengganti domain tld baru di namecheap

3. Tahap Ketiga Masuk ke Dashboard Blogger
Untuk menyelesaikan custom domain baru Anda, silahkan Anda kembali ke Dashboard dan klik Save. Jika berhasil domain akan langsung tersimpan. Jangan lupa untuk mencheklist Redirect domain. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat gambar berikut ini.

Cara mudah merubah atau mengganti domain baru di namecheap


Tambahan
Dari penjelasan kami di atas ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu :
  • Setelah semua langkah-langkah di atas Anda ikuti, dan ternyata pada saat menyimpan domainnya, masih terjadi Error atau tidak bisa di simpan, silahkan Anda tunggu beberapa waktu sampai System Namecheap mengintegrasikan domain dengan blog Anda. Hal ini biasanya tak memakan waktu lama.
  • Setelah Anda menunggu beberapa waktu, namun masih saja belum bisa di simpan, silahkan Anda cek ulang Type, Host dan Value yang Anda input, mungkin ada kesalahan pilihan.

Dan akhir kata dari kami, semoga dengan adanya tutorial Cara Mengganti Blogspot Dengan Domain TLD di Namecheap ini bisa membantu Anda yang akan baru memulai membangun sebuah Blog. Baca juga artikel-artikel kami yang lainnya terkait tutorial Blogger.

Banyak dibaca:

This Is The Newest Post
This Is The Oldest Page
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments